James Derulo's

Portfolio

ETOS KERJA... !??

Pengertian Etos Kerja

Etos Kerja adalah respon yang dilakukan oleh seseorang, kelompok, atau masyarakat terhadap kehidupan sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Setiap keyakinan mempunyai sistem nilai dan setiap orang yang menerima keyakinan tertentu berusaha untuk bertindak sesuai dengan keyakinannya. 

Ethos berasal dari bahasa Yunani yang berarti sikap, kepribadian, watak, karakter serta keyakinan atas sesuatu.
Sikap ini tidak saja dimiliki oleh individu, tetapi juga oleh kelompok bahkan masyarakat. Ethos dibentuk oleh berbagai kebiasaan, pengaruh, budaya serta sistem nilai yang diyakininya. Dari kata etos ini dikenal pula kata etika yang hamper mendekati pada pengertian akhlak atau nilai-nilai yang berkaitan dengan baik buruk moral sehingga dalam etos tersebut terkandung gairah atau semangat yang amat kuat untuk mengerjakan sesuati secara optimal lebih baik dan bahkan berupaya untuk mencapai kualitas kerja yang sesempurna mungkin.
Pengertian Etika Kerja
Etika kerja dalam Islam yang perlu diperhatikan adalah (1) Adanya keterkaitan individu terhadap Allah sehingga menuntut individu untuk bersikap cermat dan bersungguh-sungguh dalam bekerja, berusaha keras memperoleh keridhaan Allah dan mempunyai hubungan baik dengan relasinya. (2) Berusaha dengan cara yang halal dalam seluruh jenis pekerjaan. (3) tidak memaksakan seseorang, alat-alat produksi atau binatang dalam bekerja, semua harus dipekerjakan secara professional dan wajar. (4) tidak melakukan pekerjaan yang mendurhakai Allah yang ada kaitannya dengan minuman keras, riba dan hal-hal lain yang diharamkan Allah. (5) Professionalisme dalam setiap pekerjaan.
8 Etos Kerja Profesional
  • 1. Kerja adalah Rahmat; Aku Bekerja Tulus Penuh Rasa Syukur
  • 2. Kerja adalah Amanah; Aku Bekerja Benar Penuh Tanggungj awab
  • 3. Kerja adalah Panggilan; Aku Bekerja Tuntas Penuh Integritas
  • 4. Kerja adalah Aktualisasi; Aku Bekerja Keras Penuh Semangat
  • 5. Kerja adalah Ibadah; Aku Bekerja Serius Penuh Kecintaan
  • 6. Kerja adalah Seni; Aku Bekerja Cerdas Penuh Kreativitas
  • 7. Kerja adalah Kehormatan; Aku Bekerja Tekun Penuh Keunggulan
  • 8. Kerja adalah Pelayanan; Aku Bekerja Paripurna Penuh Kerendahan hati

Bagaimana 8 Etos Kerja Profesional bekerja dan apa Manfaatnya bagi Pekerjaan?
Dalam membawakan seminar dan training 8 Etos Kerja Profesional, Jansen Sinamo secara berimbang menggunakan tiga dimensi training berikut:
1. Training of The Head: bertujuan untuk membangun dimensi kognitif yaitu paradigma, pola pikir, knowledge, understanding, concept, mindset, worldview, theory, principles.
2. Training of The Hand: bertujuan untuk membangun dimensi psikomotorik seperti skills, competence, habits.
3. Training of The Heart: bertujuan untuk membangun dimensi afektif seperti semangat, perasaan, emosi, motivasi, enthusiasm, spirit, attitude, desire, persistence, tenacy.

Kesimpulan
  1. Etos Kerja merupakan semangat seseorang dalam menapaki jalan lurus atau pekerjaan nya dengan sungguh-sungguh sesuai terhadap keyakinan nya.
  2. dalam Etos kerja seseorang harus memperhatikan etika pekerjaan nya sesuai atau tidak dengan peraturan yang berlaku di dalam perusahaan.
  3. Ada 8 cara atau keyakinan dalam membangkitkan etos kerja beserta manfaat nya
Referensi
KH. Toto Tasmara, Membudayakan Etos Kerja, Jakarta : Gema Insani.
http://pembelajar.com/proaktiforganizer/?page_id=170


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar