James Derulo's

Portfolio

MEWUJUDKAN PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA

Pengertian Pelayanan Publik

Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundangundangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik  atau  pelayanan publik adalah segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundan-undangan.

Asas-asas pelayanan publik  (Undang-undang Nomor 25 tahun 2009) :

  1. kepentingan umum
  2. kepastian hukum
  3. kesamaan hak
  4. keseimbangan hak dan kewajiban
  5. keprofesionalan
  6. partisipatif
  7. persamaan perlakuan/tidak diskriminatif
  8. keterbukaan
  9. akuntabilitas
  10. fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan
  11. ketepatan waktu
  12. kecepatan, kemudahan, dan keterjangkauan
Standar Pelayanan Publik :

  1. prosedur pelayanan
  2. waktu penyelesaian
  3. biaya pelayanan
  4. produk pelayanan
  5. sarana dan prasarana
  6. kompetensi petugas pemberi pelayanan



Tadi semua tentang pelayanan publik sekarang kita akan membahas tentang pelayanan prima apa yg dibutuhkan publik terutama masyarakat ??

Pelayanan Prima :

  1. Layanan tepat waktu (time delivery service)
  2. Senyum (smile)
  3. Ucapan-ucapan selamat (greeting)
  4. Sopan santun/rasa hormat (polite)
  5. Memberi jawaban dalam bertelepon (telephone responds)
  6. Mendengar secara aktif dan penuh pengertian (Listen actively and attention)
  7. Hubungan kemanusiaan (Human Relations)
  8. Fasilitas untuk menunggu (Facility of waiting)
  9. Kecepatan dalam pelayanan (Quick Service / speed)vTidak sekedar janji dalam melayani (Lips service)
  10. Cepat menanggapi keluhan (Complaint handling respons)vPenjelasan terhadap manfaat (Explain Benefits)
  11. Mempunyai kemauan yang tulus untuk menolong (helpful)
  12. Punya rasa percaya diri (Confidence)
  13. Bahasa tubuh dalam mengendalikan emosi (Body language /Tone emotion)
  14. Menampilkan hasil kerja yang baik (Performance)
  15. Nyaman dan menyenangkan  (Pleasant)
  16. Jujur, tulus seadanya dan tidak dibuat-buat (Honest/Sincere)
Yang penting kita harus 4S=Ramah :

  1. Senyum 
  2. Sapa
  3. Salam
  4. Sopan
dan jangan lupa masih banyak lagi bagaimana kita memberikan pelayanan yg prima kepada masyarakat misalnya Berpenampilan busana yang baik memberikan kesan kepada masyarakat bahwa kita sesuai dengan etika dan estetika,
Tata cara menghadapi keluhan juga penting kadang ada kala nya kita pasti berhadapan dengan masyarakat yg berbeda watak dan sifat nya, maka dari itu kita harus dapat mengatasi nya dengan bersabar menghadapi keluhan atau komplain tanpa terbawa emosi, memberikan penjelasan atau jawaban atas keluhan masyarakat dan melakukan pengecekan tindakan yang mau diambil.

Terima kasih semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat utk kita mewujudkan pelayanan publik yg prima yg bertujuan memberikan hak dan kewajiban kepada masyarakat.

Referensi :

  1. Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Satria Adhitama.blogspot.com



Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar